Tutorial Sriasih, S.kom Mencari Uang Gratis Lewat Inernet

Tips dan Trik Sriasih, S.Kom Meraih Dolar Gratis

Jumat, 07 Mei 2010

Pengantar CBIS (Computer Based information System) (Chapter 02)

KONSEP DASAR MANAJEMEN INFORMASI

Definisi Manajemen Informasi
Seluruh aktivitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat

Faktor-faktor penyebab peningkatan perhatian pada bidang Manajemen Informasi:

1. Kompleksitas kegiatan bisnis
a.       Pengaruh ekonomi internasional
b.      Persaingan dunia
c.       Meningkatnya kerumitan teknologi
d.      Batas waktu yang semakin singkat
e.       Kendala-kendala sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik

END USER COMPUTING (EUC)

Definisi EUC
EUC adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh user

EUC berkembang karena empat alasan :
a.       Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
b.      Antrian jasa informasi
c.       Adanya perangkat keras yang murah
d.      Adanya perangkat lunak jadi

End User dikelompokkan menjadi empat   golongan berdasarkan kemampuan komputer yang dimiliki yaitu:
1.      Pemakai akhir tingkat menu
2.      Pemakai akhir tingkat perintah
3.      Pemakai akhir tingkat programmer
4.      Personil pendukung fungsional

Manfaat EUC :
1.      Pemindahan beban kerja
2.      Mengurangi kesenjangan komunikasi antar user dan spesialisasi informasi

Spesialisasi Informasi
Spesialisasi informasi adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.

Spesialisasi informasi dibagi menjadi lima golongan utama yaitu:
1.      Analis sistem
2.      Pengelola database
3.      Spesialis jaringan
4.      Programmer
5.      Operator

Peran spesialisasi informasi dalam EUC
1.       Spesialisasi & user bersama-sama mengembangkan sistem
2.       Spesialisasi informasi akan melaksanakan peran konsultasi

Resiko EUC :
1.      Sistem yang buruk sasarannya
2.      Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
3.      Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
4.      Hilangnya integrasi data
5.      Hilangnya keamanan
6.      Hilangnya pengendalian

KONSEP DASAR CBIS

Kita menggunakan istilah sistem informasi berbasis komputer (CBIS) untuk menggambarkan lima sub sistem yang menggunakan komputer yang menyediakan informasi untuk pemecahan masalah

Sub sistem CBIS                                                 
1.      Sistem Informasi Akuntansi
2.      Sistem Informasi Manajemen
3.      Sistem Penunjang Keputusan (DSS)
4.      Otomatisasi kantor (OA)
5.      Sistem Pakar






 























SIKLUS HIDUP SISTEM

Definisi siklus hidup sistem
Proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan   sistem, sub sistem informasi berbasis komputer

Tahapan di dalam siklus hidup sistem
1.      Perencanaan
2.      Analisis
3.      Perancangan
4.      Penerapan
5.      Penggunaan

Penerapan CBIS

Yang mengelola CBIS adalah manajer dari unit organisasional dimana komputer tersebut diterapkan. Manajer yang merencanakan siklus hidup dan mengatur spesialis informasi yang terlibat.
Peran yang dilakukan manajer dan spesialisasi informasi selama sistem siklus hidup berlangsung


2 komentar:

Cara Sriasih, S.Kom Meraih Uang Gratis dari Internet