DEFINISI SISTEM
Menurut Gordon B. Davis:
Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Menurut Raymond Mc. Leod:
Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
Karakteristik sistem :
1. Komponen ( component )
2. Lingkungan luar ( environment )
3. Batasan ( boundary )
4. Jalinan ( interface )
5. Masukan ( input )
6. Proses ( process )
7. Keluaran ( output )
8. Sasaran / Tujuan ( goal )
Klasifikasi sistem :
1. Sistem abstrak vs Sistem fisik
2. Sistem alamiah vs Sistem buatan manusia
3. Sistem probabilistik vs Sistem deterministik
4. Sistem tertutup vs sistem terbuka
KONSEP DASAR INFORMASI
Definisi data
Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang belum diolah sehingga tidak memiliki arti
Definisi Informasi :
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya
Kualitas Informasi :
Akurat
Relevan
tepat waktu
Nilai informasi :
Manfaat
biaya mendapatkannya
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI
Definisi Sistem Informasi:
Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebuuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan
Konsep sistem informasi menurut Gordon B. Davis terdiri dari :
1. Konsep sistem
2. Konsep informasi
3. Konsep manajemen
4. Manusia sebagai pengolah informasi
5. Konsep pengambilan keputusan
6. Nilai informasi
Komponen sistem informasi menurut Gordon B. Davis, terdiri dari:
1. Perangkat keras
2. Perangkat lunak
3. Database
4. Prosedur
5. Personil
Dimana manajer ditemukan
Manajer dapat ditemukan di mana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada di berbagai tingkat dan di dalam berbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.
Tingkatan manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :
1. Tingkat perencanaan strategis
2. Tingkat pengendalian manajemen
3. Tingkat pengendalian operasional
Bidang fungsional
Bidang fungsional perusahaan terdiri dari tiga bidang utama yaitu :
1. Pemasaran
2. Manufaktur
3. Keuangan
Fungsi manajemen Henry Fayol
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Controling
Peran manajerial Mintzberg
1. Peran antar pribadi
a. Figurehead (kepala)
b. Leader (pemimpin)
c. Liasion (penghubung)
2. Peran informasi
a. Monitor (pemantau)
b. Disseminator (pewarta)
c. Spokesperson (juru bicara)
3. Peran keputusan
a. Enterpreneur (wirausaha)
b. Disturbance handler (pemecah masalah)
c. Resource allocation (pembagi sumber daya)
d. Negotiator (perunding)
Keahlian manajer
1. Keahlian komunikasi
2. Keahlian pemecahan masalah
Pengetahuan dasar manajer
1. Mengerti komputer
2. Mengerti informasi
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Definisi SIM menurut Gordon B. Davis
SIM adalah sistem manusia / mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusandari suatu organisasi
Definisi SIM menurut George M. Scott
SIM adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi
Peranan sistem informasi bagi manajemen
Manajemen membutuhkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang akan dilaksanakannya. Sumber informasi untuk pengambilan keputusan manajemen bisa didapatkan dari informasi eksternal dan informasi internal, dimana informasi internal dapat diperoleh dari sistem informasi berupa informasi yang dihasilkan dari operasi PDE (pengolahan data elektronik) dan informasi non PDE.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar